Kolom tafakur: Kedekatan yang Mengasyikan


Kedekatan yang Mengasyikan

Bersama : Tuangku Syaikh Muhammad Ali hanafiah
                                  ( Guru Besar Tasawuf Islamic Centre Indonesia )


            Sesungguhnya kedekatan Allah SWT tidak dapat diukur dengan alat apapun di dunia ini, bahkan kata “ Dekat” itu sendiri tak dapat mengungkap arti kedekatan sebenarnya. DekatNya Allah SWT terhadap hambaNya adalah kedekatan yang tidak berjarak dan tidak berperantara, hingga tiada sesuatu di dunia ini yang menandingi keindahan dari kedekatanNya tersebut.

            Saudaraku, KedekatanNya tak dapat didektesi dengan mata dan akalmu, ia dapat disentuh dengan hati yang “ hidup “ dengan rasa yang asyik bersamaNya. Hanya hati yang asyik adalah hati yang telah menemukan wajah dirinya, yakni melepaskan segala ketergantungan kecuali kepada Allah SWT. Sebab, ketergantungan kepadaNya merupakan sifat dasar yang wajib dimiliki hati hamba.

            Mari selaraskan gerakan  jiwa dan ragamu dengan gerakan hati yang bergantung hanya kepada Allah SWT, agar segala tindakan dan perbuatan kita selalu bersentuhan dengan keridhoanNya. Jadikanlah dirimu menikmati segala permasalahan dengan hati yang asyik bersamaNya. Hati yang telah ”asyik” selalu dapat menerima segala kemungkinan yang terburuk di dunia ini.

            Saudaraku, jadikanlah hatimu bersih dan suci dari segala harapan, kecuali berharap hanya kepada Zat Allah SWT. Seseorang hamba yang telah mengembalikan hatinya hanya berharap dan bergantung kepada Tuhannya, maka sekali lagi dipastikan dia akan menikmati segala hal yang datang, sebab ia telah asyik menyaksikan wajah Allah SWT dibalik setiap yang datang dan yang pergi dari dirinya.

              Saudaraku, sesungguhnya Allah SWT tidak pernah menyembunyikan diriNya daripada kita, DIA setiap saat selalu memberi isyarat akan kehadiranNya dekat dengan diri kita. Namun, lantaran hati kita masih dipenuhi dengan berharap kepada yang lain, hingga  isyaratNya yang begitu jelas dan nyata tidak “terbaca” didepan kita. 

Berdo’alah,” Ya..Allah..,Ya..Rabbi, jadikanlah kami hamba yang selalu bergantung kepadaMu, hingga hati kami asyik dalam kedekatanMu, dan peliharalah hati kami dengan rasa rindu kepadaMu, dan dampingilah setiap niat dan usaha kami dengan berharap dan bercita-cita kepadaMu, serta sadarkanlah kami, bahwasanya Engkaulah satu satunya Zat yang paling dekat, hingga kedekatanMu melebihi dari apa apa yang dirasa oleh hati kami sendiri..Ya Allah…hanya Engkaulah yang mengasyikan hati hambaMu.. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar